Sabtu, 28 Mei 2011

Kamus TI Diawali Huruf C


C adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie dari Bell Labs pada pertengahan tahun 1970-an. Meski pada awalnya ditujukan oleh pemrograman sistem, bahasa C dapat digunakan untuk pembuatan berbagai aplikasi, mulai dari program bisnis sampai rekayasa.

C++ adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup dari Bell Labs. C++ menambahkan fitur berarah obyek (Object-oriented) pada bahasa C. C++ adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer untuk aplikasi grafis, seperti yang dijalankan dalam lingkungan Windows dan Macintosh.


CAB (cabinet format) adalah format file terkompresi yang dikembangkan oleh Microsoft dan digunakan pada aplikasi-aplikasi keluaran Microsoft. Sebagai contoh, Internet Explorer menggunakan CAB untuk mendownload applet Java yang berukuran besar dari Internet dan menyimpannya pada hard disk.

Cabinet File. Sebuah format file dari Microsoft yang dipakai untuk menempatkan file-file kompresan pada distribution disk. Untuk melepaskan kompres dari file, dipergunakan program Windows 95/98 Extract yang dijalankan pada perintah baris DOS.

Cable modem. Cable modem adalah modem yang dirancang untuk saluran TV kabel. Bandwidth yang dipunyai jauh lebih besar daripada saluran telepon. Kecepatan transmisi data yang diberikan sampai 80 kali lebih cepat dari saluran ISDN atau 6 kali lebih cepat dengan saluran TI. Pada bulan Maret 1997, Multimedia Cable Network Systems (MCNS) meliris spesifikasi cable modem untuk membuat standar yang menjamin interoperabilitas antar modem yang dikeluarkan perusahaan yang berbeda-beda.

Cabling System. Sistem pembagian kabel bagi seluruh unit dalam jaringan yang akan menghubungkan secara fisik semua stasiun dengan jaringan data LAN.

Cache. Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen. – Terdapat bermacam-macam jenis cache, tetapi bekerja dalam cara yang sama yaitu menyimpan informasi sehingga informasi tersebut dapat diperoleh dengan cepat. Cache pada Web browser menyimpan halaman, grafik, suara, dan URL dari situs yang sedang dikunjungi ke dalam hard disk, sehingga jika suatu saat kembali ke halaman sebuah web tidak perlu mendownload semua lagi. Karena akses disk lebih cepat daripada akses Intenet, hal ini sangat membantu. Akses disk, lebih lambat daripada akses RAM, sehingga ada juga disk cache yang menyimpan informasi pada RAM sehingga lebih cepat diperoleh jika diperlukan.

Cache Folder. Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

Cache Memory. Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.

Cache primer (primary cache) biasanya terintegrasi pada chip CPU dan ukurannya tidak terlalu besar (biasanya 16K). Meskipun sangat berguna untuk menyimpan instruksi, biasanya cache ini tergantung kepada cache sekunder untuk menambah kinerja sistem secara keseluruhan.

Cache sekunder (secondary cache) lebih besar daripada cache primer (biasanya dalam satu chip pada CPU) dan terhubung dengan memori utama (RAM). Cache sekunder lebih cepat daripada memori tetapi lebih lambat dari cache primer. Ukurannya biasanya sekitar 256K.

CAD (Computer Aided Design). Software untuk membuat desain produk dan gambar teknik. Sistem CAD (computer-aided design) adalah kombinasi dari hardware dan software yang memungkinkan para insinyur dan arsitek merancang sesuatu, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.

CAD/CAM (computer-aided design/computer-aided manufacturing) adalah sistem komputer yang digunakan untuk merancang produk dan mengawasi proses produksi. Sebagai contoh, rancangan tersebut dengan sendirinya dapat mengendalikan mesin yang memproduksi produksi berdasar rancangan tersebut.

CADD. Sistem CADD (computer-aided design and drafting) adalah sistem CAD dengan fitur tambahan untuk memberikan keterangan atau ukuran-ukuran pada gambar rancangan.

CAE (computer-aided engineering) adalah sistem komputer yang menganalisis rancangan rekayasa/teknik. Sebagian besar sistem CAD mempunyai komponen CAE, tetapi terdapat juga sistem CAE terpisah yang dapat digunakan untuk menganalisis rancangan yang dihasilkan oleh berbagai sistem CAD. Sistem CAE dapat mensimulasikan rancangan dalam berbagai kondisi untuk melihat bagaimana cara kerja sebenarnya.

CAI (Computer Assisted Instruction). Software untuk membantu pemahaman siswa tentang suatu obyek. Aplikasinya berupa dialog antara siswa dengan komputer. Secara bertahap komputer akan memberi pertannyaan. Berdasarkan jawaban yang dimasukkan siswa, komputer akan memberi informasi apakah siswa melakukan kesalahan.

Calculator Mode. Terminal yang memiliki kemampuan penghitungan seperti kalkulator. Pengguna memasukkan sebuah ekspresi dan komputer akan mengevaluasi dan memberikan jawaban sesegera mungkin.

Caldera (http://www.caldera.com). Salah satu distro Linux, Caldera memaketkan produknya dalam 3 kategori : OpenLinux Lite, OpenLinux Base, dan OpenLinux Standard. Produk pertama merupakan versi evaluasi 90 hari. Produk kedua berisi semua paket Lite plus sistem operasi yang lengkap dan mudah diinstall dengan integrasi desktop, client server Internet, dan Intranet. Paket ketiga menyediakan semua paket Base plus komponen high-end dan beberapa perangkat lunak komersial.

Call In. Perintah untuk memindah kontrol dari program utama ke subrutin secara sementara untuk tujuan tertentu.

Call Instruction. Perintah dalam program utama untuk memanggil subrutin.

Callout. Salah satu kemampuan dalam pengolah kata Ms-Word untuk menambahkan tempat teks penjelasan gambar.

CAM (Computer Aided Manufacture). Sistem komputer untuk mengatur dan mengawasi jalannya proses operasi suatu mesin. CAM adalah jenis aplikasi komputer yang membantu otomatisasi pabrik. Terdapat beberapa jenis sistem CAM, seperi kendali waktu nyata, robot, dan pengendalian material yang dibutuhkan untuk produksi. Semua sistem ini secara otomatis akan menghubungkan proses produksi dengan inventori suku cadang atau material.

CAN (campus-area network) adalah interkoneksi local-area network (LAN) pada ruang geografis yang terbatas, seperti kampus sekolah atau basis militer.

Cancel. Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.

Canned Software. Software yang telah dibuat oleh orang lain dan pengguna (user) tinggal membeli dan menggunakan saja.

Caps Lock. Tombol pada keyboard yang berfungsi mengubah semua tombol huruf menjadi huruf besar.

Caption. Dalam lingkungan pengolah kata Ms-Word perintah ini digunakan untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel atau obyek lainnya.

Card File. Program aplikasi dalam lingkungan Windows yang dapat digunakan sebagai buku alamat. Karena dapat menyimpan data seseorang, seperti nama, alamat, nomor telepon serta beberapa catatan lainnya.

Cardbus adalah spesifikasi yang memungkinkan PCMCIA card mengirim data pada kecepatan melebihi 100MB per detik. PCMCIA card 16 bit yang lama hanya mampu mengirim data dengan kecepatan 20MB per detik.

Carriage Return. Istilah lain untuk menyebut tombol Enter pada keyboard.

Carrier adalah nama lain hubungan telepon. Pada modem terdapat lampu indikator CD (carrier detect) yang menandakan bahwa modem sudah digunakan oleh sebuah komputer.

Carrier Sense Multiple Access (CSMA). Protokol yang umum digunakan dalam Ethernet pada proses pentransferan data/informasi.

Carry. Ketika komputer menjumlahkan dua angka dan mendapatkan jawaban yang melebihi kapasitas register, maka angka 1 terkiri dari jawaban akan hilang. Tetapi komputer mengenali situasi ini dengan memberikan carry flag.

Carry Flag. Suatu rangkaian flip-flop untuk menandai adanya overflow dalam operasi penghitungan komputer.

Cascade. Metode menampilkan jendela (window) dalam lingkungan Windows. Jendela-jendela yang dibuka akan ditampilkan secara bertumpuk. Setiap sisi atas jendela (di bagian heading) tetap terlihat sehingga pemakai dapat mengaktifkan jendela yang berada di tumpukan bawah dengan meng-klik heading-nya.

CASE (Computer Aided Software Engineering). Software yang mampu menyelesaikan proses analisis, pemrograman dan pengembangan sistem secara otomatis. – Sebuah case komputer sebenarnya tak lebih dari rangka dari sebuah komputer. Case ini adalah tempat komponen-komponen yang membentuk sebuah sistem komputer terletak, juga untuk meletakkan alat pendingin (cooling fan), dan juga meng-ground listrik yang terdapat pada komponen-komponen yang ada melalui rangka yang terbuat dari besi.

Case Statement. Dalam pembuatan program, case merupakan metode pencabangan dengan banyak pilihan (option). Sering digunakan karena penulisannya lebih ringkas dan proses pembandingannya lebih cepat.

Casing. Wadah atau tempat melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya.

Cast. Dalam bahasa pemrograman, seperti C da Java, cast adalah perintah untuk mengkonversi sebuah obyek yang bertipe tertentu ke tipe yang lain. Sebagai contoh, mengkonversi sebuah variabel yang bertipe real menjadi bertipe integer.

Catalog. Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.

Catanet. Bentuk jaringan komputer yang seluruh host-nya terhubung ke jaringan lain yang memiliki perbedaan karakter. Masing-masing jaringan akan dihubungkan dengan gateway ataupun router sehingga dapat saling berkomunikasi.

Carrier. Sinyal yang dibaca modem ketika modem sedang berada pada akhir tugas membaca dari jalur lain namun tidak sedang melakukan transmisi.

CBT (computer-based training) adalah jenis pendidikan di mana mahasiswa belajar dengan menjalankan program pelatihan khusus pada komputer. CBT sangat efektif untuk melatih mahasiswa dalam menggunakan aplikasi komputer karena program CBT dapat diintegrasikan dengan aplikasi, sehingga mahasiswa dapat mempraktekkannya dengan menggunakan aplikasi yang sedang dipelajari. CBT juga disebut computer-assisted instruction (CAI).

CC (Carbon Copy). Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama.

CCIT (Comite Consultatif Internationale de Telegraphique et Telephonique). Sebuah organisasi tingkat dunia yang bertugas menentukan standar-standar di bidang komunikasi.

CCIT Recommendations. Rekomendasi yang diberikan oleh CCIT untuk penggunaan alat-alat pendukung komunikasi, misalnya jenis protokol komunikasi, metode modulasi modem, dan lain-lain.

CD (Carrier Detect). Status modem jika sedang terhubung dengan modem lain.

CD (Compact Disc). Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.

Cd directory. Menggunakan “cd” tanpa nama direktori akan menghantarkan anda ke home direktori. Dan “cd -” akan menghantarkan anda ke direktori sebelumnya.

CD Drive (Drive CD). Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).

CD ROM (Compact Disc Read Only Memory). Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); digunakan dalam penyimpanan data komputer.

CD RW. Sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.

CD RW Drive. Alat pembaca Compact Disc yang digunakan untuk mengisi data ke CD RW.

CD-DA (compact disc digital audio) adalah format CD audio. Format standar ini memungkinkan untuk menyimpan suara digital sepanjang 74 menit yang dikirimkan pada kecepatan 150 KB per detik. Kecepatan ini dikenal dengan kecepatan tunggal (single speed) karena CD-ROM drive mentransfer data lain, selain data audio, pada kecepatan yang sama. Kecepatan ini lebih rendah daripada kecepatan hard disk. Kelemahan ini diperbaiki dengan teknologi CD-ROM drive dengan kecepatan ganda (2X, double-speed, 4X (quad-speed), atau bahkan lebih cepat lagi.

CD-I (compact disc interactive) adalah format CD-ROM yang hanya didukung Philips dan beberapa pengembang software.

CD-R (compact disc recordable) adalah format CD-ROM yang digunakan untuk merekan data kedalam CD yang dapat dibaca oleh CD-ROM drive biasa. Perekam data dapat dilakukan satu kali (single session).

CD-ROM (compact disc, read-only memory) adalah cakram padat yang digunakan untuk menyimpan data komputer. CD-ROM dapat menyimpan sampai 650 MB data.

CD-ROM drive adalah periperal komputer yang dapat menjalankan CD-ROM dan audio CD. Terdiri dari kumparan yang memutar cakram, laser yang menyoroti permukaan cakram, prisma yang memantulkan sorotan laser, dan dioda peka-cahaya yang membaca sorotan cahaya. Karena standar audio CD dapat mentransfer data dengan kecepatan 150 kilobyte per second (KB/sec), semua CD-ROM dapat ditangani dengan kecepatan ini, dan sebagian besar dapat mentransfer dengan kecepatan 2X (double-speed, atau 300 KB/sec) atau 4X (quad-speed, atau 600KB/sec). Juga terdapat drive dengan kecepatan transfer 6X (900 KB/sec), 8X (1.200 KB/sec), dan bahkan lebih cepat lagi seiring dengan kemajuan teknologi di bidang ini.

CD-ROM XA (CD-ROM extended architecture) adalah format CD-ROM yang masih dalam proses menjadi sebuah standar. Meski demikian, banyak perusahaan pembuah CD-ROM menambahkan label “XA-ready” yang menunjukan bahwa CD-ROM drive tersebut membaca multisession CD-ROM. (Lihat juga multisession).

Cd/mnt atau cd /usr/doc ini adalah berpindah ke dalam direktory /mnt dan berpindah ke dalam direktory /usr/doc.

CDMA (Code Division Multiple Access). Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

CDMA (code division multiple access) adalah teknik modulasi spektrum-tersebar (spread-spectrum) digital yang digunakan pada peranti komunikasi personal seperti telepon genggam. Tidak seperti teknik TDMA yang digunakan untuk GSM. CDMA tidak menggunakan frekuensi khusus untuk setiap pengguna tetapi setiap saluran menggunakan spektrum yang tersedia. Teknik CDMA mengubah data pembicaraan menjadi bentuk digital dan menambahkan padanya kode frekuensi khusus.

Celeron adalah nama dagang salah satu jenis mikroprosesor Intel yang diperkenalkan pada Juni 1998.

Cell. 1. Istilah dalam program pengolah kata dan pemrograman untuk menggambarkan pertemuan antara baris dan kolom. 2. Satuan standar penyimpanan dalam memori.

Cell Pointer. Dalam Microsoft Excell berarti tanda di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

CELP (Code Excited Linier Predictive). Metode pengompresan suara hingga mencapai rasio tinggi guna menghasilkan kualitas audio yang baik.

Centralized Operation. Metode pengiriman data yang semua pengiriman pesan harus melalui stasiun pusat. Umumnya berhubungan dengan sistem multidrop.

Centronics Interface. Standar nyata bagi pengiriman data pararel digunakan untuk menetapkan printer yang dibuat oleh Centronics Corp.

CERN. Laboratorium Fisika Partikel Eropa, pengembang Worl Wide Web. – CERN (Conseil Europeen pour le Recherche Nucleaire, http://www.cern.ch), adalah laboratorium penelitian nuklir yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Dalam operasinya, CERN yang didirikan pada tahun 1954 ini dibiayai oleh banyak negara. Di lembaga inilah lahir World Wide Web.

Certificate. Data yang diperlukan browser untuk mengacak daya yang akan dikirim melalui SSL.

CGA (Color Graphics Adaptor). Salah satu tipe monitor, yaitu standar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna. CGA adalah sistem grafik yang sudah usang. CGA diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada 1981. CGA adalah sistem grafik pertama untuk PC IBM. CGA dirancang untuk games komputer dan hanya dapat menampilkan 2 warna pada resolusi 640 x 200.

CGI (Color Graphic Interface). Program komputer yang menjembatani program aplikasi dengan halaman Web.

CGI (Common Gateway Interface). Satu set peraturan yang menerangkan bagaimana sebuah Web Server berkomunikasi dengan bagian-bagian lain dari mesin yang sama, dan sebaliknya. Setiap bagian dari sebuah software bisa jadi adalah sebuah program CGI, jika tugasnya adalah mengatur input dan output berdasarkan standard CGI. – CGI (Common Gateway Interface) adalah spesifikasi untuk mentransfer informasi antara server Web dan program CGI. Program CGI adalah program yang dirancang untuk menerima dan mengirimkan data yang sesuai dengan spesifikasi CGI. Program dapat ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman seperti C, Perl, Java, Atau Visual Basic.

Cgi-bin (CGI binary) adalah direktori yang digunakan untuk menyimpan program CGI, seperti alat bantu pencari atau pengisian form. Direktori ini akan muncul pada URL browser Web jika sebuah program CGI sedang digunakan.

CGM Format file grafik vektor yang dikembangkan oleh beberapa organisasi standar. CGM (Computer Graphics Metafile) didukung oleh banyak produk software PC.

Chace. Sebutan untuk kartu grafik seperti VGA card.

Chainning. Proses kerja komputer yang bersambung dalam serangkaian segmen. Apabila sebuah program terlalu besar masuk dalam memori, program harus ditulis dalam beberapa segmen. Komputer akan bekerja dalam satu segmen setiap satu waktu sampai selesai, hasilnya akan dibawa ke segmen berikutnya. Demikian seterusnya sampai program selesai diolah.

Chameleon. Software yang memuat program aplikasi yang dibutuhkan untuk akses ke Internet.

Change Case. Dalam Ms-Word adalah perintah untuk mengganti bentuk huruf naskah yang diblok.

Channel. Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.

Channel Service Unit. Sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna danWAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah kesalahan dan kegagalan proses transmisi.

CHAP (Challenge-Handshake Authentication Protocol) adalah salah satu dari dua protokol otentikasi utama yang digunakan untuk memverifikasi username dan password pada koneksi Internet PPP. Agen otentikasi (server jaringan) mengirim kunci kepada program client yang digunakan untuk mengenkripsi username dan password. Dengan demikian, username dan password dapat dikirim dalam format yang terenkripsi sehinggga lebih aman. CHAP dapat mengulangi otentikasi setiap saat setelah hubungan Internet diperoleh.

Character. Sekelompok kecil bit yang pengaturannya memberikan arti tertentu.

Character Oriented Protokol. Jenis protokol data link yang menggunakan kode tertentu yang sudah disepakati untuk mengirimkan informasi serta mengendalikan transmisi.

Charisma Engine II. Merupakan fixed function T&L-engine. Radeon 8500 T&L-engine dapat memiliki tenaga yang mampu memproses sekitar 60 juta segitiga per detik.

Character Set. Semua huruf dan simbol-simbol yang digunakan oleh sebuah peralatan atau bahasa komputer.

Charles Babbage (1791-1871) adalah matematikawan dan penemu dari Inggris. Dia membangun mesin hitung mekanik menggunakan prinsip-prinsip yang digunakan pada komputer modern.

Chat. Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.

CHDIR. Perintah untuk pindah atau mengaktifkan direktori dalam lingkungan sistem operasi DOS. Penulisan perintah ini sering disingkat dengan “cd” diikuti nama direktori tujuan.

Check Box. Digunakan dalam form agar dapat memilih satu atau beberapa pilihan yang tidak eksklusif dalam list.

Check Digit. Sebuah angka yang dipakai dalam proses pemeriksaan.

Check Sum. Nilai perhitungan yang berdasarkan pada isi sebuah blok data dan nilai tersebut akan dikirim bersama blok data. Ketika sebuah blok data panjang ditransmisikan ke sebuah komputer, karakter tambahan mengindikasikan jumlah bit total yang sering terlacak. Komputer tetap menjalankan penghitungan dan apabila hasilnya tidak sesuai dengan check sum berarti telah terjadi kesalahan.

Check Point. Status yang menunjukkan panjangnya suatu program berlangsung yang umumnya akan disimpan setiap beberapa waktu sekali.

Chip. Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri. – Chip adalah material semikonduktor (biasanya silikon) yang digunakan untuk menempelkan Integrated Circuit. Biasanya besar chip tidak lebih dari 0,25 kuadrat inci dan dapat terdiri dari jutaan komponen elektronik (transistor). Komputer terdiri dari banyak chip yang di tempatkan pada board elektronis yang disebut printed circuit boards. Terdapat beberapa jenis chip. Sebagai contoh, chip CPU (disebut mikroprosesor) terdiri dari unit pemroses, sedang chip memori terdiri memori kosong. Chip juga mempunyai beberapa bentuk. Tiga di antara bentuk chip yang paling umum adalah: * DIP (dual in-line packages) adalah chip dengan bentuk seperti kutu yang mempunyai 8 sampai 40 kaki (pin) yang terbagi dalam dua sisi. * PGA (pin-grid arrays) adalah chip bujursangkar yang pin-pinnya terletak dalam semua sisinya * SIP (single in-line packages) adalah chip yang hanya mempunyai satu sisi dengan pin pada sebuah garis lurus seperti sisir. Selain ketiga jenis chip di atas, terdapat juga single in-line memory modules (SIMM), yang terdiri dari sembilan paket chip yang dirangkai menjadi satu unit.

Chipset. Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.

ChkDSK. Program untuk mengecek keadaan dan isi dari sebuah disk dalam sistem operasi DOS. Sebelumnya harus memiliki file CHKDSK.EXE dahulu.

Chmod perm (=change mode). Merubah hak pakai file milik kita (jika anda dengan root anda bisa merubah.

Chown. Mengubah kepemilikan suatu file.

CIF (Common Intermediate Format). Standar format video yang digunakan dalam video conferencing. Format CIF ditentukan oleh resolusi dan standar resolusi horisontal dan vertikal original. CIF dikenal juga dengan nama Full CIF (FCIF).

CIM (Computer Integrated Manufacturing). Konsep penggabungan sistem komputer untuk membantu pengawasan proses perakitan.

Cinepak adalah teknologi yang dikembangkan oleh Apple dan SuperMach Technologies. Cinepak dapat memampatkan file video sampai menjadi 1/25 kali (lebih kecil) daripada ukuran file asalnya.

Circuit Board. Sebuah papan sirkuit lengkap dengan komponen elektronik yang diletakkan dan disolder pada tempatnya.

Circuit Switched Network. Model komunikasi yang jalur komunikasi tujuan untuk pengiriman paket-paket data/informasi sudah dibangun antara dua host.

CISC. Sebagian besar PC menggunakan arsitektur CISC (compleks instruction set computer), dimana CPU mendukung sebanyak 200 instruksi. arsitektur lain yang banyak digunakan untuk workstation dan beberapa PC adalah RISC (reduced instruction set computer), yang mendukung lebih sedikit instruksi.

Clear. Proses untuk mengatur isi register flag atau lokasi memori ke posisi nol.

Client. Pada jaringan, client adalah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server. – Client adalah sisi pengguna dari sebuah sistem client/server. Ketika seseorang log on pada sebuah server, client dapat berupa orang tersebut, komputernya, atau software yang dijalankan. – Client, sebutan untuk mengatur komputer dalam jaringan (node/simpul) yang mengambil data/informasi dari komputer lain (server).

Client Server. Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe).

Clip art. Koleksi gambar dan animasi yang bisa langsung dimasukkan ke aplikasi office.

Clipboard. Alokasi tempat dalam memori yang disediakan sistem operasi Windows sebagai tempat penampungan sementara teks/obyek yang dikenai operasi penyalinan atau pemindahan (operasi copy dan cut).

Clipper. Bahasa pemrograman di bawah sistem operasi DOS, ditujukan khusus bagi pembuatan program untuk menangani file dan database.

Clock. Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.

Clock Pulse. Pulsa elektronik yang dipancarkan secara terus menerus untuk mensinkronkan kerja komponen di dalam komputer.

Clock Rate. Batas kecepatan pengiriman karakter satu komputer ke komputer lain.

Clock speed (juga disebut clock rate) adalah kecepatan mikroprosesor dalam mengeksekusi instruksi. Setiap komputer mempunyai clock internal yang mengatur kecepatan dalam mengeksekusi instruksi dan mensinkronkan semua komponen komputer yang berbeda-beda.

Clock tick (disebut juga clock cycle) adalah unit waktu terkecil yan gdapat dikenali oleh sebuah peranti. Untuk PC, clock tick secara umum merujuk kepada clock sistem utama, yang berjalan pada 66 MHz. Ini berarti terdapat 66 juta clock tick per detik. Karena CPU sekarang berjalan lebih cepat, maka beberapa instruksi dapat dieksekusi dalam satu clock tick.

Close. Perintah untuk menutup sebuah file sehingga tidak dapat dibaca oleh suatu program ataupun pengguna komputer.

Closed Architecture. Sebuah rancang bangun komputer yang hanya cocok dengan hardware dan software dari satu perusahaan komputer (vendor) saja.

Closed User Group. Sekumpulan pengguna komputer yang memakai sistem khusus pada sebuah jaringan.

CLS (Clear Screen). Perintah untuk membersihkan layar dalam lingkungan DOS.

Cluster. Pengelompokkan item/alat-alat menjadi saling berhubungan.

Clustering. Clustering adalah strategi yang digunakan untuk mengimplementasikan aplikasi pemrosesan paralel. Clustering memungkinkan penambahan CPU dengan hanya menambahkan PC pada jaringan. Clustering digunakan pada parallel processing, load balancing, dan fault tolerance.

Cluster File. Penyusunan sekelompok record sehingga masing-masing record yang punya kesamaan identifier akan dikumpulkan jadi satu.

Clustering. Proses untuk mengelompokkan suatu item berdasarkan kesamaan karakteristik.

Cluster Virus. Virus yang memodifikasi entry dari direktori tabel sehingga virus ini akan aktif, sebelum program-program yang lain. Kode virus ini hanya terdapat pada satu lokasi tetapi bisa menginfeksi seluruh program yang terdapat pada komputer yang diserangnya.

CMIP (Common Management Information Protocol). Sebuah protokol pengatur jaringan yang memenuhi standar ISO, biasanya dihubungkan dengan OSI.

CMOS (Compelementary Metal Oxide Semiconductor). RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

CMOT (Common Management Information Protocol Over TCP/IP). Kemampuan CMIP untuk mengatur TCP/IP jaringan Internet.

CMYK. Singkatan dari empat komponen warna : cyan (C), magenta (M), yellow (Y) dan black (K). CMYK adalah sistem pewarnaan grafik yang didasarkan pada empat warna pokok, yaitu cyan, magenta, yellow (kuning), dan black (hitam). Sistem pewarnaan ini umum digunakan di bidang percetakan, sehingga untuk menghasilkan hasil cetakan full-color dibutuhkan empat warna cat.

CNC (Computer Numerical Control). Suatu cara mengontrol kerja mesin menggunakan pita yang dibuat oleh sistem komputer.

CNF (Conjunctive Normal Form) adalah rumus logika yang terdiri dari konjunksi dari disjunksi dan tidak ada disjunksi yang mengandung konjunksi. Sebagai contoh, DNF dari (A and B) or C adalah (A or C) and (B or C).

CNI (Coalition for Networked Information). Dewan bentukan American Research Libraries, EDUCom, dan CAUSE. CNI ini ditujukan untuk memacu kemajuan pengetahuan dengan menyediakan sumber-sumber informasi lewat jaringan komputer.

Coaxial Cable. Jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel koaksial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.

COBOL Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk menangani aplikasi bisnis dan pemrosesan data. COBOL sangat baik untuk menangani file. COBOL adalah singkatan dari Common Business Oriented Language. Dikembangkan pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. COBOL adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi kedua setelah FORTRAN. COBOL, seperti namanya, khususnya terkenal untuk pembuatan aplikasi bisnis. COBOL adalah bahasa yang “berdasarkan kata”, sehingga program yang ditulis dengan COBOL cenderung lebih panjang. Karenanya, salah satu keuntungan bahasa ini adalah kemudahannya untuk dibaca.

CODASYL (Conference of Data System Languages). Organisasi yang memformulasikan aturan-aturan baku pada COBOL dan DBMS.

Code. 1. Metode untuk menggambarkan simbol dalam bit biner (dalam sistem ASCII ataupun BCD). 2. Istilah untuk baris perintah yang ditulis programmer dalam pembuatan sebuah program komputer.

Code-Decoder. Alat yang mengubah data analog menjadi aliran bit-bit digital dan mengubah sinyal digital menjadi data analog.

Codec (coder/decoder atau compression/decompression algorithm) digunakan untuk mengencode (mengkodekan) dan men-decode (memecahkan kode) atau mencompress dan mendecompress berbagai tipe data, khususnya yang akan menggunakan banyak ruang disk, seperti file suara dan video.

Coding Sheet. Lembaran kertas yang dicetak secara khusus untuk membantu programmer menulis program di atasnya.

COGO. Nama sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diperuntukkan bagi pembuatan program penghitungan bidang teknik, khususnya teknik sipil.

Cold Boot. Istilah untuk men-start komputer dengan merotasi daya. Cold boot menggunakan sebuah rescue disk (floppy disk kosong berisi boot instructions dan kemampuan men-scan virus). Cold boot ini umunya diperlukan untuk membersihkan infeksi virus pada boot sector.

Cold Start. Sebuah program pemberi masukan pengenalan. Program ini akan memberi tanda pengenal pada hardware, membersihkan buffer dan daerah kerja, mengatur pointer serta menyiapkan semua peralatan sebelum melakukan tugas penting.

Collating Sequence. Semua simbol dan huruf yang digunakan oleh komputer akan diberi nilai numerik. Nilai tersebut akan digunakan komputer ketika mengurutkan nama. Collating sequence terdiri dari semua huruf, angka dan simbol yang diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Colocation. Salah satu tipe utama dalam layanan hosting, yaitu meletakkan equipmentnya sendiri satu lokasi dengan penyedia jasa hosting. Server bisa dipilih dan ditentukan sendiri, mengatur dan menginstall software-software yang diperlukan dan kemudian meletakkannya di dalam lingkungan dan fasilitas penyelenggara jasa hosting. Colocation adalah cara yang paling mendekati keadaan seolah-olah memiliki staff atau bagian yang mengelola servernya sendiri.

Color Depth. Color depth merujuk pada jumlah warna yang ditampilkan di monitor oleh video card. Semakin banyak warna yang digunakan, semakin realistis tampilan yang dapat dilihat. Seperti gambar yang didapat dari foto, merubah color depth komputer dapat meningkatkan kualitas gambar, namun dapat juga tidak apabila foto itu sendiri terbatas pada jumlah warna tertentu. Angka-angka yang menunjukkan color depth biasanya adalah 256 warna, 16 bit (65.000 warna), 24 -bit, dan 32-bit (jutaan warna). 24-bit dan 32-bit sangat sulit untuk dibedakan, akan tetapi 16-bit dan 256 warna akan menampilkan perbedaan kualitas yang menyolok.

Color Palette. Papan tempat mencampurkan warna-warna dasar untuk rnendapatkan warna baru. Pada Photosop, color palette berfungsi melihat dan memodifikasi warna gambar.

Collision. Peristiwa hilangnya data karena dua peralatan mengirimkan data secara berurutan.

COM (Computer Output Microfilm). Peralatan ini terdiri dari sebuah kamera yang mengambil gambar dari layar monitor dan merekam hasilnya dalam segulung teks mikrofilm.

COM port. COM adalah jenis port serial untuk menghubungkan peranti komputer. Biasanya terdapat lebih dari satu port COM pada komputer yang diberi nama dengan tambahan angka di belakangnya seperti COM1, COM2, dan COM3.

Command. Sebutan untuk kata-kata yang meminta komputer melaksanakan sesuatu tugas.

Command Control Block (CCB). Suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM, CCB dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh Direct Interface.

Command File. File yang berisi program atau sejumlah instruksi untuk pelaksanaan beberapa perintah DOS.

Command Level. Tingkat kemampuan seseorang untuk memberikan perintah dalam pengendalian sistem komputer.

Communication Architecture. Rancang bangun suatu hardware atau software yang menerapkan fungsi-fungsi komunikasi.

Communication Channel. Media yang akan dilalui data/informasi pada proses transmisi dalam suatu sistem komunikasi.

Communication Line. Penghubung fisik antar terminal-terminal ke sebuah unit pengendali komunikasi dan menghubungkan satu unit pengendali komunikasi dengan yang lainnya.

Communication Network. Sejumlah unit fungsional yang saling dihubungkan dan memungkinkan unit-unit dalam jaringan saling berkomunikasi, tukar menukar data dan informasi.

Compaq (http://www.compaq.com ) adalah salah satu perusahaan penghasil komputer terkemuka yang berkantor pusat di Houston, Texas. Compaq Computer Corporation didirikan pada tahun 1982 oleh Rod Canion, Bill Murto dan Jim Harris. Produk pertamanya yang dirilis pada tahun 1983 adalah laptop. Compaq juga memproduksi desktop PC pada tahun-tahun berikutnya.

Comparator. Komponen elektronik yang bertugas membandingkan dua nilai kemudian memberikan hasilnya, mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.

Compare. Perintah dalam komputer yang secara efektif membandingkan dua hal dan menentukan yang lebih besar diantaranya.

Compatible. Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.

Compatible Communication Architecture (CCA). Protokol yang dipakai untuk mentransfer data asynchronous melalui jaringan X-25.

Compiler
Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.

Component. Istilah untuk menyebut bagian dari sistem komputer termasuk papan memori, papan sirkuit dan sebagainya.

CompuServe Information Service adalah salah satu layanan online terbesar selain America Online dan MSN. CompuServe menyediakan beragam forum dan layanan e-mail. CompuServe terhubung dengan ratusan sistem basisdata yang berbeda-beda. Pada tahun 1997, sebagian CompuServe dibeli oleh America Online dan layanan jaringannya dibeli oleh WorldCom.

Computer. Alat bantu pemrosesan data secara elektronik dan cara pemrosesan datanya berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan dalam memori masing-masing komputer.

Computer Card. Sebuah papan sirkuit plug in yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan komputer.

Computer Graphics. Pengolahan data dan penyajian hasil dalam bentuk grafis/gambar, bisa berbentuk diagram (chart), gambar (image), foto, lukisan (paint). Alat bantu berupa mouse, scanner, light pen dan papan plot.

Computerization. Pemakaian komputer sebagai alat bantu penyelesaian tugas sebagai pengganti penyelesaian pekerjaan secara manual.

Computer Languages. Perintah-perintah yang hanya dimengerti oleh komputer, yaitu terdiri dari serangkaian karakter 1 dan 0. Disebut juga bahasa mesin.

Computer Literacy. Pengetahuan tentang penguasaan penggunaan komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.

Computer Network. Sistem jaringan kerja komputer, terdiri dari dua atau lebih komputer dan alat pendukung lain yang saling berhubungan melalui saluran komunikasi.

Computer Operator. Orang yang menggunakan komputer di tingkat pemakaian. Tugasnya hanya memasukkan data ke dalam sebuah program aplikasi yang sudah disediakan.

Computer Science. Nama lain dari ilmu komputer. Titik berat dari ilmu ini adalah memanfaatkan komputer untuk memecahkan masalah yang ada di dunia nyata.

Computing System. Unit pemrosesan utama yang terdiri dari alat penyimpan utama (main memory), saluran masukan dan keluaran, unit kontrol, peralatan penyimpan akses langsung (RAM) dan peralatan masukan dan keluaran (I/O device).

Concatenation. Operasi dua komputer yang mengambil dua string dan menggabungkannya, membuat sebuah string panjang di sekelilingnya.

Concentrator. Alat untuk mengumpulkan data dari beberapa jalur lokal dan mengirimkannya melalui jalur data tunggal berkecepatan tinggi.

Concrete Interface. Penjelasan spesifik antarmuka yang dipakai, misalnya spesifikasi suatu Application Programming Interface (API), spesifikasi kabel atau konektor.

Concurent. Kemampuan mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.

Concurent Real Time Processing. Kemampuan komputer untuk melaksanakan beberapa tugas dari beberapa program dengan waktu yang bersamaan. Masing-masing proses secara khusus akan dihubungkan dengan time frame.

Concurent Operational Control. Kemampuan komputer untuk mengendalikan pemrosesan beberapa tugas dari beberapa program dalam waktu yang bersamaan.

Conditional Branch. Perintah dalam program yang mengakibatkan beberapa alamat akan digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan perintah selanjutnya.

Conditional Breakpoint. Titik henti proses komputer yang sengaja diciptakan dengan cara men-set sebuah saklar.

Conditional Statement. Menyebabkan komputer mengecek suatu nilai dan memakai hasilnya sebagai dasar untuk memilih di antara beberapa alternatif kegiatan. Disebut juga IF statement.

Configure. Memberi beberapa informasi kepada pengguna, misalnya informasi memori yang masih tersedia, informasi urutan alat input dan output yang terhubung dalam sistem.

Configuration. Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem berdasarkan sejumlah kemungkinan.

Configuration Management. Lapisan dalam pengelolaan jaringan model OSI, bertugas untuk melakukan pemeriksaan status jaringan dan menghubungkan pengelolaan aplikasi jaringan serta akses dari pengguna yang bersangkutan.

Congestion. Kondisi yang terjadi akibat pemanggilan suatu layanan yang melebihi kapasitas yang dapat diterima sebuah jalur komunikasi data.

Connectionless. Suatu jenis komunikasi antar unit dalam jaringan yang transmisinya dilakukan tanpa pembentukan hubungan pendahuluan.

Connectionless Data Transfer. Sebuah protokol yang digunakan untuk mengadakan pertukaran data secara spontan dan tidak mendahulukan salah satu pengaturan manapun.

Connectionless Network Protocol (CLNP). Protokol milik OSI yang menyediakan layanan jaringan Connectionless dibuat mirip dengan protokol Internet.

Connectionless Transport Protocol (CLTP). Protokol yang memiliki kemampuan memberi alamat transportasi data serta pendeteksian kesalahan.

Connection Oriented. Bentuk hubungan antar unit dalam jaringan yang komunikasinya dilakukan secara bertahap. Tahap pembentukan hubungan, tahap pengiriman data dan tahap pelepasan hubungan.

Connection Oriented Data Transfer. Protokol untuk mengadakan pertukaran data dengan membangun hubungan antar titik terlebih dahulu.

Connectivity. Kemampuan komputer untuk berkomunikasi maupun terhubung dengan berbagai rancang bangun yang berbeda dalam satu jaringan tertentu.

Console terdiri dari layar monitor dan keyboard (atau peranti input lainnya). Istilah lain console adalah terminal. Istilah console biasanya mengacu kepada terminal yang terpasang pada mini computer atau mainframe dan digunakan untuk memonitor status sistem. Istilah ini juga digunakan untuk menyebut monitor. Lihat juga terminal.

Constant. Menunjuk pada semua angka atau nilai yang tidak dapat diubah.

Contention. Keadaan yang diakibatkan pemakaian satu saluran komunikasi oleh lebih dari satu stasiun pada saat yang bersamaan.

Contents. Informasi-informasi yang terkandung di dalam suatu register komputer.

Control Carácter. Karakter yang tidak akan terlihat tetapi memiliki arti khusus untuk peralatan tertentu atau bisa juga sebagai batas dalam proses transmisi data.

Control Card. Card/papan sebagai antarmuka yang menghubungkan CPU dengan peralatan lain.

Control Key. Tombol keyboard ketika ditekan bersama tombol lain akan menghasilkan karakter kontrol.

Control Unit. Bagian dari CPU yang menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer.

Controller. Alat tambahan yang dapat mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan komputer.

Convert. Perintah untuk mengubah suatu file menjadi format yang berbeda agar dapat dibaca oleh aplikasi yang bersangkutan.

Cookie. Informasi dalam bentuk teks yang dipertukarkan oleh client dan server (yang membuat cookie ini adalah server). Di dalam cookie terdapat informasi nama server yang memberikan, path cookie, isi cookienya dan tanggal kadaluarsanya. – Cookie adalah file data kecil yang disimpan dalam hard disk oleh beberapa situs Web yang sedang dibuka dengan browser. File data ini berisi informasi yang dapat digunakan oleh situs untuk melacak pola pengguan Web dan kegemarannya, seperti daftar halaman yang pernah dikunjungi.

Cooltalk. Software untuk percakapan melalui Internet dan chatting yang ditawarkan oleh perusahaan Insoft, dengan fasilitas percakapan on-line, text chat, penjawab pesan, dll.

Cooper Distribute Data Interface (CDI). Model lain dari standar FDDI yang sengaja dirancang untuk kabel twisted pair.

Coprocessor. Chip mikroprosessor yang secara khusus berfungsi membantu CPU menyelesaikan pengolahan data yang memakan waktu lama.

Copy. Perintah untuk menyalin obyek, misalnya gambar, teks atau file ke dalam media penyimpan lain.

Copy Con. Perintah untuk membentuk sebuah file baru dalam lingkungan DOS.

Copy Protection. Pengamanan terhadap isi disk agar tidak dapat disalin (di copy).

Copyleft adalah hakcipta publik yang digunakan untuk produk free Software Foundation, untuk menjamin bahwa produk software yang dihasilkan, pengembangan, dan distribusinya gratis untuk publik. Salah satu produk Free Software Foundation yang terkenal adalah GNU, sistem operasi yang ditujukan menyaingi UNIX.

Core Gateway. Sekumpulan gateway yang dikendalikan oleh pusat operasi jaringan Internet di Bolt Beranek and Newman (BBN).

Core Storage. Suatu bentuk media penyimpan magnetik yang terdiri dari inti-inti magnetik.

Corel. Perusahaan pembuat software aplikasi grafis seperti CorelDRAW.

Corporation for Open System (COS). Sebuah kelompok pengguna dan vendor yang melakukan serangkaian pengujian kelayakan, pemberian sertifikat serta mengenalkan produk-produk OSI.

COSINE (Cooperation for Open System Interconnection Networking in Europe). Program penggalakkan penggunaan OSI bagi semua jaringan penelitian di seluruh negara di Eropa, diprakarsai oleh European Commision.

Counter. Sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.

Courseware (perangkat ajar) adalah software yang dirancang untuk digunakan dalam program pendidikan.

Cp Perintah ini digunakan untuk mengkopi suatu file atau direktori.

CPI (Character Per Inch). Satuan untuk mengukur kerapatan huruf dalam suatu naskah, diukur dari banyaknya karakter per satu inchi. Pada teks normal terdapat 10 karakter per inchi.

CPS (Character Per Second). Satuan untuk mengukur kecepatan pengiriman data dalam sistem komputer. CPS dapat dijadikan sebagai satuan pengukur kecepatan printer. Istilah cps (character per second) biasanya digunakan untuk menentukan ukuran kecepatan printer. Namun sekarang, cps kadang digunakan untuk mengukur kecepatan transfer modem. Dalam komputer, satu karakter sama dengan delapan bit atau satu byte.

CPU (Central Processing Unit). Pusat pengolahan masukan sehingga menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb. – CPU (Central Processing Unit) adalah chip silikon yang sangat rumit yang mengambil permintaan dari sebuah aplikasi dan kemudian memprosesnya atau mengeksekusinya. Semakin cepat prosesor, semakin banyak operasi yang dapat dieksekusi, semakin cepat aplikasi dijalankan. Kadang istilah CPU digunakan untuk menggambarkan keseluruhan kotak yang mengandung chip (beserta motherboard, cards, disk driver, power supply, dan lain-lain). Tapi penggunaan pertamalah yang paling tepat.

Crack. Meng-crack adalah menyalin software komersial secara ilegal dengan menghilangkan proteksi untuk penyalinan dan teknik registrasi yang digunakan. Dengan demikian Software yang seharusnya hanya dapat digunakan oleh seorang pengguna, dapat diinstal berkali-kali dan digunakan oleh banyak pengguna.

Cracker. Orang yang memaksa masuk ke satu sistem komputer secara ilegal. Terkadang cracker mengganggu dan menimbulkan kerusakan pada sistem yang dimasuki.

Crash. Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang.

CRC (Cyclic Redudancy Check). Sebuah system error checking yang dipergunakan dalam proses transmisi yang berfungsi mendeteksi jika data yang diterima mengalami perubahan. Sebuah angka dikalkulasi berdasarkan data asli (original), proses transmisi, data akhir yang diterima. Jika kalkulasi itu berbeda, maka telah terjadi perubahan data. – CRC adalah teknik matematika yang digunakan untuk memeriksa kesalahan yang terjadi pada pengiriman data dengan modem. Karena beberapa line telepon rentan dan dapat memutuskan transmisi, pemeriksaan ini menjadi penting. Jika transmisi data gagal maka penerima transmisi data mengirimkan sinyal NAK (negative acknowledgment) untuk meminta dikirim data lagi.

CREN (Corporation of Research & Educational Networking). Merupakan jaringan kerja hasil penggabungan dari BITNET dan CSNET.

CRM (customer relationship management) adalah serangkaian proses dan software pendukung yang memungkinkan sebuah organisasi mengumpulkan dan memanfaatkan informasi konsumen yang terkait dengan bagian pembelian, pemasaran, dan layanan konsumen.

Cross-post. Mem-posting pesan yang sama pada newsgroup yang berbeda umumnya dikirim tanpa membubuhkan subjek.

Cross Reference. Notasi/daftar dalam file yang menunjukkan bahwa sebuah data telah tersimpan di suatu tempat.

Crosstalk. Gangguan dalam proses pengiriman data/informasi antar stasiun berupa masuknya sinyal yang tidak diinginkan dari jalur yang terletak berhimpitan. Sering terjadi pada pengiriman jarak jauh atau sinyal berfrekuensi tinggi.

CRT (Catoda Ray Tube). Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda. – CRT (cathode ray tube) adalah komponen aktif monitor dan TV yang terdiri dari tabung sinar katoda dari kaca yang berbentuk lonceng besar. Salah satu sisinya terdapat electron gun dan terdapat layar di sisi yang lain. Lihat juga electron gun.

CSCW (Computer Supported Cooperative Work) adalah sebuah bidang studi yang menguji rancangan dan pemakaian groupware. Tujuan CSCW adalah menemukan cara penggunaan teknologi komputer untuk meningkatkan proses kerja grup untuk mengatasi kendala ruang dan waktu. Pemanfaatan teknologi CSCW dapat membantu sebuah grup yang berbeda tempat dan waktu berkomunikasi, berkolaborasi, dan berkoordinasi.

CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Media kendali akses dengan kemampuan membuat setiap sistem akan memantau carrier selama proses transmisi. Ketika proses pentransmisian data/informasi selesai, masing-masing sistem akan berhenti untuk sementara waktu. Bila tidak terdapat sistem lain yang memulai transmisi, sistem yang telah lewat waktu tunggunya dapat memulai pengiriman kembali.

CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection). Media kendali akses dengan kemampuan melakukan transmisi ulang bila terjadi tumbukan.

CSNET (Computer Science Network). Sebuah jaringan layanan e-mail ditujukan untuk para pengguna yang ingin mendalami ilmu komputer. CSNET membentuk CREN bersama BITNET.

CSS (Cascading Style Sheets) adalah cara yang memungkinkan pengembang mengendalikan gaya dan layout banyak halaman Web sekaligus. Sebelum ada CSS, pengubahan elemen yang terdapat pada banyak halaman Web harus dilakukan per halaman. CSS bekerja seperti halnya template, yang dapat dipilih oleh pengembang Web untuk diaplikasikan ke halaman-halaman Web yang diinginkan.

CTS (clear to send adalah salah satu dari sembilan kabel pada port serial yang digunakan dalam komunikasi modem. CTS membawa sinyal dari modem kepada komputer, yang menunjukan bahwa modem siap memulai komunikasi jika komputer juga sudah siap.

Current Mode Transmission. Model pengiriman data dengan cara alat transmisi (transmitter) menggunakan arus listrik ke kedua konduktor kabel twisted pair secara bergantian sehingga terbentuk nilai 1 dan 0.

Cursor. Tanda yang dipakai di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

Cursor Controller. Alat untuk memindahkan kursor ke seluruh layar monitor, dapat pula digunakan untuk menggambar atau memilih item menu. Misalnya, mouse.

CU-SeeMe. Software yang digunakan untuk mengadakan konferensi video secara on-line melalui Internet.

Custom. Pengubahan konfigurasi dari suatu instalasi dengan dialog box dan memberikan kesempatan kepada kita untuk memilih.

Customer Support Page. Lembaran dalam dokumen Web yang berisi bantuan pemakaian bagi pengguna Internet yang mengakses Web yang bersangkutan.

Customize. Pengaturan ulang yang dilakukan oleh pengguna pada software yang bersangkutan.

Cut. Menghilangkan sebuah obyek (teks atau gambar) dari layar monitor dan menyimpannya ke dalam clipboard.

CWIS (Campus-Wide Information System). Sistem yang berfungsi untuk menyediakan informasi secara elektronik melalui jaringan bagi sebuah kampus atau universitas.

Cyber Café. Istilah untuk menggambarkan area terbuka untuk semua pengguna dalam Internet.

Cybermetics. Ilmu yang mempelajari komunikasi dan pengendalian dalam sistem penanganan informasi.

Cyberspace adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh penulis fiksi ilmiah William Gibson pada novel Neuromancer. Gibson menggunakan istilah ini untuk menggambarkan istilah dunia virtual komputer yang dimasuki oleh toko pada novel tersebut. Sekarang, istilah cyberspace digunakan untuk mengacu kepada virtual reality, Internet, World Wide Web, dan sistem komputer lain yang menjadikan pengguna “terperangkap” di dalamnya.

Cybersquatting. Cybersquatting adalah pendaftaran alamat internet, yang potensial untuk dijual kepada yang berminat (yang paling ‘berhak’). Misalkan seseorang mendaftarkan alamat www.rcti.com, dan menjualnya kepada stasiun televisi RCTI.

Cyberspace. Istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat diakses. Jika komputer berhubungan dengan Internet atau jaringan besar lainnya, maka komputer yang bersangkutan merupakan bagian dari cyberspace. Istilah cyberspace dikenalkan pertama kali oleh seorang pengarang William Gibson dalam novelnya Neuromancer.

Cyberpunk. Orang (baik amatir maupun profesional) yang percaya bahwa orang biasa (siapa saja) berhak menggunakan teknik enkripsi (encryption technique) untuk mengkode (encrypt) data atau berita (message) sehingga hanya orang yang dituju yang dapat membaca berita dari data tersebut.

Cycle Stealling. Menunda operasi CPU untuk sebuah siklus operasi dalam urutan untuk memberi waktu menyelesaikan beberapa proses yang lamban.

Cycle Time. Waktu yang dibutuhkan CPU untuk melalui satu kali operasi secara lengkap.

Cyclic Redudancy Check. Pengecekan proses transmisi berorientasi bit. Blok pesan akan dianggap sebagai deret bit yang dikirim. Bit-bit tersebut akan dimasukkan dalam generator CRC. Deretan bit tersebut lantas dikenai operasi matematis. Hasil perhitungan saat bit dikirim dan diterima akan menentukan ada tidaknya kesalahan dalam pengiriman.

menu


Untuk download file gunakan IDM yang bisa sobat cari di sini..
Segera lakukan download sebelum file terhapus..
Klik link download dan SKIP AD pojok kanan atas untuk melanjutkan proses..

.:::::::::: Artikel Terkait :::::::::::.


-------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan tinggalkan komentar dengan baik dan sopan
Silahkan masukan komentar jika punya pertanyaan
Silahkan laporkan jika menjumpai link yang error
Silahkan sobat copy / paste jika bermanfaat
-------------------------------------------------------------------------------------------------

0 comments:

Posting Komentar