Sabtu, 28 Mei 2011

Kamus TI Diawali Huruf E



EAROM (Electronically Alterable Read Only Memory)
Merupakan salah satu jenis ROM yang dapat diprogram ulang sepanjang masih berada di dalam komputer.

EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange)
Sistem sandi 8 bit untuk 256 kombinasi/karakter, merupakan sistem sandi standar dalam komunikasi data.

Echo
Gangguan saluran transmisi berupa pemantulan kembali sinyal yang dikirimkan. Ketika proses pengiriman data berlangsung, alat penerima sering memantulkan kembali sinyal tersebut. Hal ini akan menyebabkan impedansi dalam sebuah rangkaian listrik.

ECHO
Perintah yang terdapat pada file autoexec.bat untuk menyembunyikan perintah (on) atau memunculkan perintah (off) yang terdapat di dalamnya ke layar monitor.


Echo Check
Metode pengujian data selama berlangsungnya proses transmisi data, yaitu dengan cara mengirimkan kembali data tersebut ke titik asalnya (ke pengirim) untuk dibandingkan dengan data aslinya.

Echo Protocol
Protokol pada lapis transpor model OSI yang mempunyai kemampuan melaksanakan pengujian keberadaan router antar end system.

Echo Suppressor
Rangkaian elektronik yang dapat meredam gema (echo) yang muncul selama berlangsungnya hubungan komunikasi sehingga echo tidak dianggap sebagai sinyal yang datang.

ECL (Emitter Coupled Logic)
Metode pembangunan logika yang sering dipakai sistem komputer besar.
ECMA (European Computer Manufacture Association)
Perkumpulan penyalur peralatan komputer di Eropa yang ikut berperanserta dalam perumusan standar di dunia komputer.

EDFA (Erbium-Doped Fiber Amplifier)
Sebuah piranti yang berfungsi meningkatkan sinyal dari sebuah serat optik. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an, dan meraih sukses sebagai optical amplifier. EDFA menjadi dasar pengembangan jaringan serat optik.

EDI (Electronic Data Interchange)
Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.

EDIFACT (Electtronic Data Interchange For Admnistration Commerce and Transport)
Serangkaian aturan standar penggunaan Elektronis Data Interchange.

Edit
Kegiatan memodifikasi format suatu keluaran atau masukan dengan jalan menyisipkan atau menghapus karakter.

Edit Capability
Kemampuan yang ditawarkan pada programmer untuk memodifikasi statement-statement selama berada pada status time sharing.

Editor Program
Program khusus yang mempermudah pengguna melakukan koreksi, ,penyisipan, modifikasi, penghapusan dalam program atau data yang ada.

EDO RAM (Extended Data Output RAM)
Jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memor ini banyak menggantikan primary memori yang ada pada PC terdahulu yaitu FPM (Fast Page Memory) RAM. Karena dapat menyimpan dan membaca secara simultan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM ini dapat lebih cepat.

EDP (Electronic Data Processing)
Pengolahan informasi yang dikerjakan secara elektronik oleh komputer.

EDP Management Science
Ilmu yang mempelajari sekelompok masalah manajemen yang sanggup ditangani program komputer.

EDPS (Electronic Data Processing System)
Sistem pengolahan data menggunakan alat bantu komputer.

EEPROM (Electronically Erasable Programmable Read Only Memory)
Salah satu tipe chip ROM yang dapat dihapus dan diprogram kembali dengan memakai suatu alat khusus.

EFF (Electronic Frontier Foundation)
Yayasan yang bertujuan untuk menampung semua permasalahan di lingkungan pengguna komputer yang muncul sebagai dampak dari penyebaran informasi dan komunikasi (Internet).

Effective Address
Alamat yang diperoleh dengan melakukan perhitungan sehingga ditemukan alamat dari lokasi memori yang dibutuhkan.

Effective Instruction
Instruksi komputer yang keluarannya berasal dari perubahan instruksi dasar selama program dimodifikasi.

Effectiveness Level
Persentase keefektifan suatu alat pengolah data yang diperoleh dari perbandingan jumlah waktu operasional terhadap jumlah waktu total dalam satu periode.

EFT (Electronic Funds Transfer)
Teknik pengiriman atau pertukaran data-data transaksi keuangan secara elektronik.

EGA (Enhanced Graphics Adaptor)
Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350 titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATI Technologies Inc dengan card bernama EGA WONDER, dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA masih memakai konektor monitor yang sama dengan monitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREX mengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional Graphics Adapter), mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot) dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar (pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (Proffesional Enhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (Proffesional Graphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43 karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync, dan fleksibilitas yang dapat menggunakan monitor monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini mempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris.

Egoless Programming
Kesepakatan diantara programmer untuk saling membaca dan memberi kritik terhadap program-program buatan programmer lain. Program-program tersebut dianggap sebagai buatan orang yang tak dikenal sehingga kritik yang dikemukakan tidak berdasarkan sentimen pribadi.

EIA (Electronics Industry Association)
Sebuah perkumpulan pabrik elektronik di USA yang menentukan standard antarmuka, misalnya RS 232-C dan RS-422A.

EIA Inteface
Antarmuka standar EIA yang menghubungkan peralatan komunikasi dengan komputer.

EISA (Extended Industry Standard Architecture)
Perluasan rancang bangun komputer dengan standard industri.

Eject
Perintah yang diberikan pada printer untuk menempatkan kertas di awal halaman. Apabila saat ini posisi kertas berada di tengah, maka sisa halaman akan diabaikan dan meletakkan kertas berikutnya di awal halaman.

Electric Delay Line
Akhir penundaan yang dipakai untuk menampung sinyal dengan memutar informasi yang dibawa oleh suatu gelombang transmisi.

Electronic Bulletin Board
Papan pengumuman elektronik yang terdapat di suatu system jaringan. Umumnya berisi berita-berita terbaru. Pengguna dalam sistem jaringan tersebut dapat membacanya ataupun menempatkan berita ke dalamnya untuk dibaca pengguna lain.

Electronic Differential Analyzer
Komputer analog yang menggunakan penghubung elektronik terpadu untuk menganalisis persamaan differensial.

Else
Perintah percabangan dalam bahasa pemrograman yang akan dianggap sebagai pilihan pertama yang harus dilaksanakan apabila kondisi yang diberikan tidak terpenuhi.

E-mail
Surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.

E-mail Address
Alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya. Alamat tersebut dibuat berdasarkan DNS.

E-Mail Virus
Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail, virus baru akan bekerja dan menginfeksi jika kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar adalah virus Macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seperti virus Worm.ExploreZip.


Embed
Kemampuan suatu program aplikasi memasukkan data atau obyek dari software lain.

Embedded system
Sebuah sistem komputer yang menjadi komponen dari mesin atau sistem yang lebih besar. Embedded sistem dapat memberikan respon yang sifatnya real time. Embedded sistem banyak digunakan pada peralatan digital, seperti jam tangan.

Emoticon
Simbol yang dibuat dengan keyboard untuk menjelaskan emosi pengguna komputer yang bersangkutan dengan lambang-lambang.

Empahasized
Bentuk pencetakkan teks dengan kualitas huruf agak besar dan jarak yang lebih lebar dibandingkan dengan bentuk huruf normal.

Emulation
Keserbagunaan komputer yang digambarkan oleh kenyataan bahwa komputer dapat deprogram untuk meniru komputer lain. Komputer kecil dapat meniru komputer dengan kemampuan besar, atau komputer yang dapat menjalankan program yang diperuntukkan bagi jenis komputer tertentu.

Emulator
Device yang dibuat untuk bekerja sebagai copy tandingan dari mesin yang lain. Komputer dapat didesain untuk meniru dan melebihi model maupun software tereksekusi dari komputer yang lain. Sebuah Terminal dapat didesain untuk menyamai sejumlah communications protocols dan berhubungan dengan network yang lain. Sebuah emulator dapat berupa hardware, software ataupun keduanya.

Enabled
Perintah yang mengijinkan suatu alat atau item terpilih kembali berfungsi. Kebalikan dari disabled.

Enabling the Line
Kegiatan menyiapkan unit kendali transmisi untuk menerima panggilan pada saluran komunikasi.

Encapsulation Facility
Fasilitas antar sambungan jaringan yang mempunyai kemampuan untuk menjalin komunikasi antara dua sistem dengan rancang bangun yang berbeda. Jaringan yang dipakai akan disesuaikan dengan rancang bangun jaringan lain.

Encode
Kegiatan mempersiapkan suatu rutin program ke dalam bahasa mesin sehingga dapat segera dilaksanakan oleh komputer.

Encoder
Suatu sistem komputer atau sistem jaringan yang hanya mampu menerima satu masukan saja, yang setiap masukan akan menghasilkan beberapa kombinasi hasil keluaran.

Encryption
Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.

End
Tombol pada keyboard, berfungsi untuk menggerakkan kursor ke akhir baris.

Ending Delimiter
Field dalam frame MAC yang menunjukkan akhir field informasi dan awal dari field Frame Check Sequence (FCS).

End Distortion
Gangguan pada pengiriman data secara asinkron yang disebabkan karena adanya distorsi pada bit stop.

Endless Loop
Suatu blok perintah dalam program computer yang terus dilaksanakan berulang (looping), akibat dari kesalahan penulisan program.

End Note
Catatan yang ditempatkan di bagian bawah halaman namun hanya berlaku pada halaman tertentu saja.

End of Carry
Istilah untuk sisa pembagian bilangan biner.

End of Data Mark
Suatu karakter yang menandai ahir dari semua data dalam suatu unit penyimpanan.

End of File Mark
Karakter kendali yang menandai akhir pembacaan seluruh record pada suatu file.

End System
Hardware dalam sistem komunikasi yang bertindak sebagai sumber data (pengirim) atau tujuan akhir data (penerima).

End Users
Sebutan bagi orang yang hanya mengoperasikan suatu alat atau program yang dibuat oleh pihak lain.

Engineering Time
Waktu tak produktif dari komputer, umumnya digunakan untuk perawatan komputer.

ENIAC
Komputer digital pertama yang dibuat oleh Universitas Pennsylvania, AS selama berlangsungnya Perang Dunia II (tahun 1942-1945). Ciri utamanya adalah penggunaan tabung hampa udara sebagai penguat sinyal.

Enter
Tombol pada keyboard yang fungsinya untuk memerintahkan komputer melakukan suatu instruksi, atau sekedar untuk membuat baris berikutnya sekaligus memindahkan kursor ke baris tersebut.

Entity
Orang, lokasi, konsep atau kejadian yang direkam informasinya. Unsur aktif dalam salah satu lapisan protokol komunikasi model OSI.

Entrance
Tempat yang disediakan dalam suatu program atau subrutin yang dipakai sebagai titik mulainya suatu eksekusi.

Entry
Data-data masukan yang diberikan atau diketikkan ke dalam program melalui terminal selama berlangsungnya proses eksekusi.

Entry Condition
Suatu kondisi yang harus dipenuhi sebelum rutin program dapat dilaksanakan.

Entry Level
Kelompok pemakai yang termasuk ke dalam pemula, sehingga standar yang dipakai lebih sederhana dibanding kelompok yang sudah profesional.

Entry Sorting
Teknik pengurutan masukan dengan cara menempatkan record yang baru dimasukkan ke dalam buffer, kemudian akan dilakukan penempatan ke dalam daftar yang sudah urut di memori.

Entry Variabel File
Pengelompokkan unsur data berdasarkan pada hubungan dengan file induk agar memiliki arti.

Environment Pointer
Titik untuk menempatkan kode perintah dan data dalam suatu tugas yang telah dijabarkan.

EOF (End of File)
Tanda yang menyatakan bahwa pembacaan telah sampai pada record terakhir dari sebuah file.

EOF mark
Karakter kendali yang menandai akhir pembacaan seluruh record pada suatu file.

EOF routine
Rutin program yang menguji apakah seluruh isi dari file telah dibaca komputer dengan benar sampai ke record terakhir.

EOL (End of Line)
Tanda yang menyatakan bahwa pembacaan telah sampai pada baris terakhir.

EOM (End of Message)
Urutan karakter khusus untuk menandai akhir suatu berita atau sebuah record selama berlangsungnya proses pengiriman berita.
 
EOT (End of Transmission)
Karakter yang digunakan untuk menunjukkan bahwa transmisi telah selesai dan memberi kesimpulan pada transmisi yang punya satu atau lebih catatan yang berhubungan.

EOT Recognition
Kemampuan computer untuk mengenal akhir dari transmisi data walaupun buffer tidak dalam keadaan isi.

EPS (Encapsulated Post Script)
Suatu format file grafis yang memungkinkan pertukaran file grafis Post Script dalam berbagai program aplikasi.

Epson
Nama pabrik pembuat printer dari Jepang, namun pemasaran printer-nya dikerjakan oleh Epson America Incorporation.

Equalization
Ganti rugi yang diberikan karena kehilangan sinyal pada frekuensi yang lebih tinggi dalam rangkaian transmisi.

Equalizer
Alat untuk memperbaiki kualitas frekuensi yang diterima suatu rangkaian transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan bersama alat transmisi lain.

Equality Circuit
Sirkui elektronik menerima dua masukan, kemudian membandingkan keduanya. Jika kedua masukan tersebut sama maka sirkuit akan memancarkan sinyal keluaran bernilai ’1′ dan sinyal keluaran bernilai ’0′ jika keduanya tidak sama.

Equipment Compatibility
Kemampuan suatu alat untuk mengolah data tanpa mengubah kode atau format data yang sudah terbentuk, meskipun data tersebut dipersiapkan oleh alat lain.

Equipment Failure
Kerusakan hardware komputer yang akan mengakibatkan terhentinya operasi yang sedang berlangsung.

Equipment Room
Ruangan yang disediakan dalam rancang bangun standard penanaman kabel EIA, untuk menyusun semua kabel yang akan dipakai.

Equivalence Gate
Rangkaian logika yang akan memancarkan sinyal keluaran bernilai ’1′ jika kedua masukan bernilai sama dan sinyal keluaran bernilai ’0′ jika keduanya tidak sama.

Erasability of Storage
Kemampuan untuk menghapus data yang terdapat di suatu lokasi penyimpanan dan menggantinya dengan data lain.

Erasable Storage
Media penyimpanan yang mampu menempatkkan data baru di tempat lama.

Erasing Head
Head yang dipakai untuk menghapus semua hal yang terdapat dalam media penyimpanan.

ERD (Entity Relationship Diagram)
Model konseptual yang menjabarkan hubungan antar penyimpan data dan hubungan data.

Ergonomics
Penelitian postur manusia dan proposisinya dengan tujuan untuk menciptakan perabot atau perangkat komputer yang dapat digunakan dengan nyaman dan tanpa ketegangan.

Error
Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.

Error Analysis
Analisis permasalahan yang timbull akibat dari kesalahan pembulatan atau kesalahan pemenggalan angka-angka pada operasi aritmatika.

Error Character
Karakter yang memberi tanda bahwa pada data yang sedang diolah atau dikirimkan terdapat suatu kesalahan.

Error Checking and Recovery
Prosedur pemeriksaan dan perbaikan parity secara otomatis, yang kemudian dilanjutkan dengan proses eksekusi lagi.

Error Corecting Codes
Terdapat metode penyandian data pada proses transmisi data yang memungkinkan tidak hanya untuk mendeteksi kesalahan saja, namun juga dapat memperbaikinya dengan baik. Hal ini melibatkan pengiriman informasi tambahan bersama dengan setiap word, dengan menyesuaikan reduksi pada kecepatan transmisi.

Error Corecting Routine
Program yang secara khusus memperbaiki kesalahan dengan menggunakan rutin program atau subrutin lain.

Error Detecting Codes
Suatu kode untuk melacak kesalahan pada ekspresi dalam program. Jika terjadi kesalahan pada ekspresi tersebut, komputer akan mampu mendeteksi dan menunjukkannya pada pengguna.

Error Detection
Proses pelacakan kesalahan selama transmisi data berlangsung, yaitu perubahan satu atau beberapa bit dari nilai ’1′ ke ’0′ atau sebaliknya.

Error Detection and Feedback System
Sistem transmisi yang secara otomatis akan mengirimkan kembali potongan data yang terdeteksi memiliki kesalahan.

Error Interrupt
Interupsi pelaksanaan tugas yang disebabkan adanya suatu kesalahan yang tidak dapat diperbaiki sendiri oleh komputer.

Error List
Daftar yang dibuat oleh kompiler, berisi perintah-perintah illegal atau yang salah tulis pada program sumber.

Error Message
Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan pada saat menjalankan suatu program.

Error Protocol
Protokol pada lapis transport yang menawarkan pelacakan dan laporan kesalahan antar end system dan router terkait.

Error Rate
Perbandingan banyaknya unit data yang salah dengan jumlah keseluruhan unit data.

Error Routine
Rutin program yang mengendalikan suatu software sekaligus melakukan perbaikan jika ditemukan kesalahan.

Esc/Escape Key
Tombol pada keyboard yang apabila ditekan akan menghentikan pelaksanaan instruksi yang sedang diproses, dan mengembalikan kontrol ke menu sebelumnya.

Ethernet
Sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporation. Sekarang Ethernet menjadi protokol yang banyak digunakan dan diadaptasi oleh perusahaan lain.

Ethernet Cable
Semua kabel media untuk jaringan Ethernet. Contoh Ethernet Cable yaitu kabel jenis 10base5, UTP/STP.

Ethernet Meltdown
Peristiwa yang menimbulkan kejenuhan di Ethernet, disebabkan oleh masuknya paket-paket data tak resmi. Peristiwa ini hanya berlangsung dalam waktu singkat.

Ether Talk
Paket-paket AppleTalk terenkapsulasi yang dilewatkan pada kabel Ethernet.

Eudora
Program aplikasi layanan e-mail di Internet.

Event
Keadaan yang diakibatkan oleh perubahan kondisi suatu item. Dalam pemrograman, setiap event dapat ditulisi kode untuk mengerjakan beberapa perintah.

Even Driver Application
Sebuah aplikasi yang dipasang untuk meningkatkan kecepatan komputer dalam memberikan respon cepat. Caranya dengan mengambil input dari user atau aplikasi lain tanpa mengikuti prosedur yang berlaku. Biasanya dijalankan sesuai dengan pilihan user (memilih menu, menekan enter, dll). Aplikasi ini memiliki sifat yang berlawanan dengan aplikasi yang bersifat orientasi prosedur.

Exception Report
Teknik pembuatan laporan yang hanya menampilkan item-item di luar kebiasaan, dengan tujuan memudahkan pembacaan laporan. Hal ini lebih efisien daripada bentuk laporan yang menampilkan semua item secara periodik.

Exclusive OR
Salah satu operasi logika komputer yang membandingkan 2 word bit demi bit. Apabila kedua bit mempunyai nilai yang sama, nilai yang dihasilkan adalah ’0′. Sebaliknya jika keduanya berbeda nilai maka yang dihasilkan adalah ’1′. Exclusive OR gate Sirkuit elektronik yang nilai keluarannya adalah ’1′ jika dua masukan berbeda, dan bernilai ’0′ bila semua masukannya sama. Sering disebut juga sebagai half adder.

Execute
Instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.

Execution Control Program
Program yang disediakan oleh pabrik pembuat komputer sehingga komputer dapat mengendalikan software lain.

Execution Cycle
Satu putaran pelaksanaan sebuah instruksi bahasa mesin oleh CPU.

Execution Error Detection
Pelacakan kesalahan pada waktu berlangsungnya proses eksekusi.

Execution Time
Waktu selama berlangsungnya perintah eksekusi.

Executive
Program yang membantu untuk mengelola operasi suatu sistem komputer.

Executive Instruction
Petunjuk cara mengoperasikan program komputer yang dirancang secara khusus.

Executive System Utilities
Sekumpulan program yang bermanfaat, seperti program diagnostik dan sebagainya. Program ini membantu manajer menangani pekerjaannya secara efisien.

Exip (Exchangeable Image Format)
Sebuah format file yang digunakan pada banyak kamera digital.

Exit
Instruksi untuk keluar dari suatu program komputer.

Expanded Batch
Operasi batch yang diperluas sehingga mampu melakukan pemrosesan data yang lebih kompleks daripada operasi batch pada umumnya.

Expansion
Peningkatan kemampuan komputer dengan jalan menambahkan komponen hardware tertentu sehingga komputer sanggup melaksanakan suatu tugas yang tidak dapat dilaksanakan oleh sistem komputer dasar.

Expert System
Expert System berupa sebuah program yang menirukan kepakaran seseorang.

Exploit
Istilah untuk keberadaan sebuah celah keamanan dalam software yang berjalan di sebuah komputer. Lewat exploit inilah peluang untuk melakukan serangan terbuka bagi hacker.

Export File
Mengubah format suatu file ke dalam bentuk tertentu agar dapat dibaca oleh software lain.

Expression
Terdiri dari operand-operand yang berasal dari sebuah konstanta atau variabel dan diisikan ke dalam pernyataan program sumber untuk dievaluasi sehingga diperoleh nilai tertentu.

Extended LAN
Suatu jaringan lokal yang terdiri dari dua atau lebih jalur data LAN terpisah, baik yang menerapkan media pengendali akses (MAC) yang sejenis maupun yang berbeda.

Extended Memory
Memori tambahan di samping memori utama.

Extended partition
Partisi kedua pada suatu harddisk, yang kedudukannya sejajar dengan primary partition (partisi utama dari harddisk).

Extended Precission Word
Word dengan ketelitian yang lebih detail dalam aritmatika floating foint berupa data 16 bit.

Extensible Language
Bahasa pemrograman yang dapat diperluas kemampuannya dengan menambahkan beberapa hal baru dan memodifikasi yang telah ada sebelumnya.

Extensinble System
Sistem komputer yang dapat diperluas oleh pengguna dengan menerapkan bahasa dari subsistem buatannya sendiri sedemikian rupa sehingga orang lain juga dapat menggunakannya.

Extension
Nama keterangan file, yaitu tiga huruf yang berada di akhir suatu nama file (setelah titik). Extension akan menunjukkan jenis file tersebut.

Exterior Gateway Protocol
Protokol pada lapis jaringan model OSI yang digunakan gateway untuk saling berkomunikasi dalam autonomous system.

External Delay
Penundaan waktu pengoperasian komputer disebabkan oleh faktor-faktor dari luar sistem komputer, dalam hal ini adalah manusia, misalnya operator dan teknisi.

External Device Control
Kemampuan dari peralatan eksternal untuk melakukan interupsi selama mengerjakan suatu tugas.

External Error
Kesalahan fungsi komputer yang disebabkan oleh ketidakberesan alat-alat eksternal.

External Files
File yang tidak langsung diambil oleh browser seperti beberapa format gambar, suara, video dan file program lainnya.

External Interrupt
Interupsi yang berasal dari luar sistem komputer, misalnya dari operator ataupun dari peralatan eksternal.

External Storage
Alat penyimpanan data di luar memori utama komputer, misalnya disk.

External Symbol Dictionary
Daftar dari simbol-simbol eksternal berikut alamatnya yang dibawa serta, sehingga editor penggabungan dapat memisahkan program untuk dijadikan acuan.

menu


Untuk download file gunakan IDM yang bisa sobat cari di sini..
Segera lakukan download sebelum file terhapus..
Klik link download dan SKIP AD pojok kanan atas untuk melanjutkan proses..

.:::::::::: Artikel Terkait :::::::::::.


-------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan tinggalkan komentar dengan baik dan sopan
Silahkan masukan komentar jika punya pertanyaan
Silahkan laporkan jika menjumpai link yang error
Silahkan sobat copy / paste jika bermanfaat
-------------------------------------------------------------------------------------------------

0 comments:

Posting Komentar