Sabtu, 28 Mei 2011

Kamus TI Diawali Huruf U


UDP
UDP (User Datagram Protocol) adalah protocol yang berjalan di atas jaringan IP, seperti halnya TCP. Tetapi tidak seperti TCP/IP, UDP/IP menyediakan sangat sedikit layanan pemulihan kesalahan, dan sebagai gantinya menyedikan cara langsung untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan IP. UDP banyak digunakan untuk pemancaran pesan melalui jaringan.

UFS
File system ini digunakan oleh beberapa sistem UNIX, Solaris, dan SunOS(4.2). Linux hanya dapat membaca file system ini.

ULSI
ULSI (ultra large scale integration) merujuk kepada cara penempatan lebih dari satu juta elemen sirkuit pada sebuah chip. Mikroprosesor 489 dan Pentium keluaran Intel, sebagai contoh, menggunakan teknologi ULSI.

Umsdos
Dukungan ini dibutuhkan bila ingin menjalankan Linux di atas partisi DOS tapi sepertinya RedHat Linux tidak akan bisa berjalan pada sebuah file system umsdos.


Unicode
Unicode adalah standard untuk mempresentasikan karakter sebagai integer. Tidak seperti ASII yang menggunakan 8 bit untuk setiap karakter, Unicode menggunakan 16 bit yang dapat digunakan untuk mempresentasikan lebih dari 65.000 karakter.

Unified Driver Architecture (UDA)
UDA memastikan kompatibilitas menyeluruh dengan driver software. UDA memudahkan upgrade ke produk Nvidia terbaru karena semua produk buatan Nvidia bisa bekerja dengan software driver yang sama.

UNIX
Sistem operasi yang digunakan baik pada PC maupun Mainframe. Banyak komputer dan server yang terhubung dengan Internet menggunakan UNIX. UNIX adalah sistem operasi yang mendukung multi-user dan multitasking yang dikembangkan di Bell Labs pada awal tahun 1970-an. UNIX adalah salah satu sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tingkat,yaitu C. Bell Labs mendistribusikan sistem opersi ini dengan kode sumbernya sehingga dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan yang khusus. Pada akhir tahun 1970-an terdapat banyak versi UNIX. Pada tahun 1982, AT&T memulai memasarkan UNIX. Karena banyaknya versi yang ada, ada kesulitan untuk membuat UNIX versi standard. Sampai saat ini, terdapat dua macam UNIX di pasaran: satu di produksi oleh AT&T yang dikenal dengan System V dan lainya dikembangkan oleh Barkeley University dan dikenal dengan BSD4.x (x=1, 2, 3). Karena portabilitas, fleksibilitas, dan ketangguhannya, UNIX menjadi sistem operasi pilihan untuk workstation. Linux adalah versi lain UNIX yang banyak digunakan untuk PC.

Upgrade
Upgrade adalah program yang dirilis untuk meningkatkan kemampuan program sebelumnya. Banyak perusahaan software meningkatkan kemampuan produk softwarenya secara berkala dengan menambahkan fitur dan fungsi baru.

Upload
Proses mentransfer informasi dari sebuah komputer ke komputer lain/server melalui Internet.

Upward compatible
Istilah upward compatible merujuk kepada kompatibilitas sebuah produk kepada model atau versi yang lebih baru. Sebagai contoh, sebuah program yang dirancang pada mikroprosesor Intel 486, juga dapat berjalan pada mikroprosesor Pentium. Jenis kompatibilitas ini penting. karena berarti penggunaan komputer yang lebih baru dengan kemampuan yang lebih baik dapat dilakukan tanpa mengkonversi data. Lawan dari upward kompatible (yang disebut juga forward compatible) adalah backward compatible, tetapi dari sudut pandang model yang lebih baru.

URL (Uniform Resource Locator)
Sebuah alamat yang menunjukkan rute ke file pada Web atau pada fasilitas Internet yang lain. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs Web. URL, uniform resorce locator atau universal resource locator adalah alamat internet. Alamat internet tersebut diterjemahkan dari yang umum ke yang khusus (seperti sewaktu menelepon, mulai dari kode negara, kode wilayah dan nomor telepon).

USB (Universal Serial Bus)
Socket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modem dan printer. USB, Universal Serial Bus adalah port standard yang digunakan untuk menghubungkan piranti eksternal (seperti kamera digital, scanner, dan mouse) kekomputer dengan winadows 98 atau Machintosh. Standard USB mendukung kecepatan transmisi samapi dengan 12 Mbps. Piranti USb dapat juga dihubungkan atau lepas tanpa merestart komputer.

User Interface
Tampilan yang dilihat oleh user pada sistem operasi, tampilan ini dibuat sesederhana mungkin gunanya untuk memudahkan user dalam bekerja.

Usenet
Usenet adalah jaringan yang mendunia dari ribuan sistem Unix dengan administrasi terdesentralisasi. Sistem Usenet digunakan untuk mentransmisikan pesan ke newsgroup dengan topik tertentu.

User
User merupakan pengguna.

User Interface
Tampilan yang dilihat oleh user pada sistem operasi, tampilan ini dibuat sesederhana mungkin gunanya untuk memudahkan user dalam bekerja. User Interface merupakan antarmuka pemakai.

User name
User name adalah nama yang unik untuk setiap pengguna layanan komputer yang dapat diakses oleh banyak pengguna, seperti jaringan komputer atau layanan e-mail. pengguna layanan ini harus mengidentifikasikan dirinya untuk masuk ke sistem tersebut dengan tujuan keamanan, pencatatan, dan manajemen sumberdaya. Biasanya, selain memasukan username, seorang pengguna juga harus memasukan password.

Utilitas
Utilitas (utility) adalah program yang menjalankan tugas-tugas yang sangat khusus, biasanya terkait dengan pengaturan sumberdaya sistem. Sistem operasi terdiri dari sejumlah utilitas untuk mengatur disk drive, printer, dan piranti-piranti lainnya. Utilitas berbeda dengan aplikasi dalam hal ukuran, kompleksitas, dan fungsi. Sebagai contoh, program pengolah kata, program spreadsheet, dan aplikasi basisdata dimasukkan sebagai aplikasi karena mempunyai fungsi yang beragam dan tidak terkait langsung dengan pengaturan sumberdaya sistem. Utilitas kadang terinstal sebagai program yang memoryresident. Kalendar, kalkulator, dan pemeriksaejaan adalah beberapa contoh.

UTP
UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin. Kabel UTP banyak digunakan pada local-area networks (LANs) dan sambungan telepon karena harganya lebih murah. Kabel UTP tidak sebaik kabel koaksial dan serat optik dalam hal penyediaan banwidth dan ketahanan terhadap interferensi.

UUCP (UNIX-to-UNIX Copy)
Merupakan mekanisme yang lebih tua yang digunakan untuk mentransfer file e-mail, serta electronic news di antara mesin-mesin UNIX. Mesin-mesin UUCP terhubung satu dengan yang lain melalui kabel telepon dengan menggunakan modem, UUCP juga dapat mentransfer melewati network TCP/IP.

menu



Untuk download file gunakan IDM yang bisa sobat cari di sini..
Segera lakukan download sebelum file terhapus..
Klik link download dan SKIP AD pojok kanan atas untuk melanjutkan proses..

.:::::::::: Artikel Terkait :::::::::::.


-------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan tinggalkan komentar dengan baik dan sopan
Silahkan masukan komentar jika punya pertanyaan
Silahkan laporkan jika menjumpai link yang error
Silahkan sobat copy / paste jika bermanfaat
-------------------------------------------------------------------------------------------------

0 comments:

Posting Komentar